Pengaduan Publik

Sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor :076/KMA/SK/VI/2009, berikut dijelaskan tentang Syarat dan Tata CaraPenyampaian Pengaduan.

 

1.  Disampaikan secara Tertulis

  1. Pengaduan hanya dapat diterima dan ditangani oleh Mahkamah Agung,Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama apabila disampaikansecara tertulis oleh Pelapor;
  2. Pelapor dianjurkan untuk menggunakan formulir khusus untuk menyampaikanpengaduannya, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik di situs resmi MahkamahAgung. Meskipun demikian, pengaduan yang tidak menggunakan formulir khusustersebut tetap akan diterima dan dapat ditindaklanjuti;
  3. Dalam hal Pelapor memiliki kesulitan untuk membaca dan menulis, petugasdi Mahkamah Agung atau Pengadilan akan membantu menuangkan pengaduan yang ingindisampaikan Pelapor secara tertulis dalam formulir khusus pengaduan.


 

2.  Menyebutkan informasi yang jelas

  1. Untuk mempermudah penanganan dan tindak lanjut terhadap pengaduan yangdisampaikan, Pelapor diharapkan dapat menyebutkan secara jelas informasi mengenai:
    • Identitas Aparat yang dilaporkan, termasuk jabatan, serta satuan kerjaatau pengadilan tempat Terlapor bertugas;
    • Perbuatan yang dilaporkan;
    • Nomor perkara, apabila perbuatan yang diadukan berkaitan denganpemeriksaan suatu perkara; dan
    • Menyertakan bukti atau keterangan yang dapat mendukung pengaduan yangdisampaikan. Bukti atau keterangan ini termasuk nama, alamat dan nomor kontakpihak lain yang dapat dimintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuatpengaduan Pelapor.
  2. Pelapor sedapat mungkin diharuskan Untuk mencantumkan identitasnya.Namun demikian selama informasi dalam pengaduan yang disampaikan benar danmemiliki dasar yang kuat, pengaduan yang tidak mencantumkan identitas akantetap ditindaklanjuti oleh Mahkamah Agung.

 

Tata Cara Pengiriman

  1. Pengaduan ditujukan kepada:
    • Ketua atau Wakil Ketua pada Pengadilan Tingkat Pertama atau PengadilanTingkat Banding di mana Terlapor bertugas; atau
    • Ketua Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, atau Ketu MudaPengawasan dengan tembusan kepada Kepala Badan Pengawasan.
  2. Apabila pengaduan dikirimkan melalui pos dalam amplop tertutup, makaharus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop tersebut adalah pengaduan dengmenuliskan kata "PENGADUAN pada Pengadilan" pada bagian kiri atasmuka amplop tersebut

 

Alamat Pengiriman Pengaduan

1.   MahkamahAgung Republik Indonesia 
Jalan Medan Merdeka Utara No. 9-13,

Telp. (021) 3843348,3810350,3457661 JakartaPusat 10110

 

2.   BadanPengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia
Jalan Jenderal Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Cempaka Putih Timur

Telp. (021)29079177, 29079274 Jakarta Pusat 13011.

 

3.   PengadilanTinggi Denpasar
Jalan Tantular BaratNo. 1 Renon Denpasar

Telp.(0361)222952, 2122172 Fax. (0361) 225761]

 

4.   Pengadilan Negeri Negara

Jln. M. Sugianyar No.1 Negara

Telp.(0365) 41204, Fax.(0365) 41204

Copyright © 2016 Pengadilan Negeri Negara. All rights reserved.