Penandatanganan Kerjasama Tentang Aplikasi E-berpadu Dan Baskara

  • Kamis, 08 Desember 2022
  • Admin
  • Dilihat 339 kali

Pada Hari Kamis, 8 Desember 2022, bertempat di Ruang Aula Pengadilan Negeri Negara telah dilaksanakan Penandatanganan Kerjasama antara Pengadilan Negeri Negara dengan Kejaksaan Negeri Jembrana, Polisi Resor Jembrana dan Rumah Tahanan Kelas II B Negara.

Penandatanganan Kerjasama ini merupakan tindak lanjut atas mulai diberlakukannya Aplikasi e-Berpadu dan BASKARA di wilayah hukum Pengadilan Negeri Negara.

Aplikasi e-Berpadu merupakan inovasi aplikasi dari Mahkamah Agung RI dimana e-Berpadu atau Elektronik Berkas Pidana adalah Integrasi Berkas Pidana antar Penegak Hukum untuk Layanan Permohonan Izin Penggeledahan, Izin Penyitaan, Perpanjangan Penahanan, Penangguhan Penahanan, Pelimpahan Berkas Pidana Elektronik, Permohonan Penetapan Diversi, Izin Besuk Tahanan Online oleh Masyarakat tanpa harus datang ke Pengadilan.

Sedangkan BASKARA merupakan inovasi aplikasi dari Pengadilan Negeri Negara yaitu aplikasi yang berisikan informasi Berita Acara Eksekusi dan Data Perkara Pidana

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Negeri Negara, Ibu Ni Kadek Kusuma Wardani, S,H, M.H. menyampaikan bahwa adanya aplikasi e-Berpadu dan BASKARA, untuk mendukung implementasi SPPT-TI, serta dengan adanya aplikasi tersebut dapat mempercepat pertukaran informasi dan dapat memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat.

Pada acara puncak, dilaksanakan Penandatanganan Kerjasama Tentang Pengembangan Dan Implementasi Sistem Peradilan Pidana Terpadu Berbasis Teknologi Informasi Dalam Rangka Mendukung Aplikasi E-Berpadu oleh Ketua Pengadilan Negeri Negara Ibu Ni Kadek Kusuma Wardani, S.H., M.H., Kepala Kejaksaan Negeri Jembrana Ibu Salomina Meyke Saliama, S.H., M.H., Kepala Kepolisian Resor Jembrana AKBP Bapak I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K, serta Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas II B Negara Lilik Subagiyono, A.Md.I.P., S.H., M.H.

Dilanjutkan dengan Penandatanganan Penandatanganan Kerjasama Tentang Pengiriman Dokumen Eksekusi dan Dokumen serta Informasi Lainnya Terkait Perkara Pidana melalui Aplikasi Berita Acara Eksekusi dan Data Perkara Pidana (BASKARA) oleh Ketua Pengadilan Negeri Negara Ibu Ni Kadek Kusuma Wardani, S.H., M.H., Kepala Kejaksaan Negeri Jembrana Ibu Salomina Meyke Saliama, S.H., M.H., serta Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas II Negara Lilik Subagiyono, A.Md.I.P., S.H., M.H., Lalu acara ditutup dengan Foto Bersama.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pengadilan Negeri Negara Kelas II dengan Kejaksaan Negeri Jembrana tentang Pelayanan Kaum Disabilitas Yang Berhadapan Dengan Hukum

   

 

 

 

Lihat Berita Lainnya